Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Translate

Saatnya Percantik Desktop

Default tema dan wallpapaer PCLinuxOS 2010 emang udah keren, dan bahkan sedikit 'sangar' menurutku. Tapi knapa ya aku kurang begitu suka. Selain dominan hitamnya juga secara pribadi aku lebih suka yang berbau 'nature' gitu. So, ini wallpaper and tema harus diganti.

Klik-kanan didalam desktop, lalu pilih Change Desktop Background




Berhubung suka yang berbau 'nature', maka pilihan jatuh pada Lady Bird. Dan... jreng! abakadabra wallpaperku langsung jadi keren, WOW!

Sekarang tinggal temanya. Klik tab Theme, dan pilihan jatuh pada gMilk. Karena udah cukup, maka pekerjaan disudahi dengan Close.


Lihat ni hasilnya:


Target berikutnya panel atas dan panel bawah. Kita mulai dari panel atas dulu. Klik-kanan didalam panel atas, lalu pilih Properties


Klik tab Background, lalu pilih aja Solid color. Nah, udah selesai. Klik aja Close. Ulangi langkah diatas untuk panel bawah ya!

Sekarang lu bisa liat hasil akhirnya, udah keren dan alami kan?

Eh, tapi btw apa emang PCLinuxOS 2010 cuma punya sedikit wallpaper itu ya? Tentu tidak kawan. Kan bisa milih lebih banyak lagi secara online. Coba perhatikan saat kita berada di jendela Background, ada link berbunyi Get more background online. Klik aja link ini untuk dapatkan lebih banyak background dari pusatnya Gnome sana.


Kalo udah nemu background yang cocok, klik aja tombol GO, dan biarkan background ditampilkan dalam ukuran besar. Setelah itu, klik-kanan didalam gambar, dan pilih Set As Desktop Background...


Untuk Position, pilih Stretch, lalu klik Set Desktop Background. Nah, udah selssai.

Untuk milih tema secara online, caranya juga sama. Klik link Get more themes online. Lalu pilih kategori Window Borders.


Kalo udah nemu tema yang cocok, klik Download


Klik aja OK
Pada dialog konfirmasi yang diperlihatkan, klik Apply new theme


Yang paling akhir nih, aktifkan Compiz Fusion. Apa pula ini? Kata mbah Google, dengan Compiz Fusion Desktop lu bisa punya efek tiga dimensi segala!

Buka aja menu System, lalu Control Center
Dari jendela Control Center, pilih aja Configure Your Computer  dan jangan lupa masukkan password untuk root.



Dari menu sebelah kiri, pilih Hardware. lalu pilih Configure 3D Desktop effects di sebelah kanan


Pilih opsi Compiz Fusion, lalu OK dan klik lagi OK
Silahkan restart komputer supaya efeknya diterapkan ke komputer.

Kalo mo tau contoh hasilnya. Lihat aja di panel bawah sebelah kanan. ketemu deretan 4 kotak, kan? itu tombol untuk pindah dari satu desktop ke desktop lainnya. Koq ada 4 desktop sih? Nggak perlu kaget, emang Linux biasa ngasih kita lebih dari satu desktop. Sebagai contoh, pindah aja ke desktop kedua, maka efek 3D-nya akan langsung diperlihatkan.
Label: Belajar Linux

Terima kasih telah membaca Saatnya Percantik Desktop. Silahkan share...!

0 Komentar untuk "Saatnya Percantik Desktop"
Back To Top