Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Translate

Mengenal Port Komputer

Port PS/2

Port ini untuk hubungan ke piranti Mouse dan keyboard, sehingga pada panel belakang CPU terdapat dua buah port PS/2. Kedua port dibedakan atas warna yang tertera pada port-port itu. Port PS/2 untuk Mouse berkode warna hijau, sedangkan port PS/2 untuk Keyboard berkode warna ungu.
Port PS/2 untuk Keyboard dan Mouse
Port PS/2 untuk keyboard dan Mouse
Demikian pula konektor-konektor pada piranti Mouse dan Keyboard, keduanya juga berkode warna yang sesuai dengan kode warna pada port PS/2.
Konektor PS/2
Konektor PS/2

Port Display

Port diplay untuk menghubungkan piranti penampil ke CPU. Piranti yang dimaksud dapat berupa Monitor atau LCD Projector. Umumnya port ini berkode warna biru.

Port VGA atau Port Display Adapter
Port VGA atau Port Display Adapter

Port Catudaya Listrik

Port catudaya listrik merupakan bagian dari Power Supply Unit (PSU). Piranti ini terpasang didalam CPU. Fungsi dari piranti ini adalah sebagai penyalur daya listrik ke seluruh perangkat yang ada. Umumnya terdapat dua macam port catudaya, pertama yang berjenis male dan kedua yang berjenis female.
Port catudaya jenis male menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke CPU, sedangkan port catudaya jenis female menyalurkan daya listrik ke piranti monitor.

Port Catudaya Listrik
Port Catudaya Listrik

Label: Hardware

Terima kasih telah membaca Mengenal Port Komputer. Silahkan share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Port Komputer"
Back To Top