Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Translate

OpenOffice, dimanakah Engkau?

Migrasi dari Windows ke PCLinuxOS membuat aku harus berpisah pula dengan Microsoft Office. Ternyata PCLinuxOS 2010 tidak menyertakan paket perkantoran OpenOffice didalamnya. Yang ada cuma Abiword dan GNumeric. Kalo mo nginstal OpenOffice tersedia link Get OpenOffice.

Saat nyoba nginstal melalui link ini, ternyata cukup lama juga prosesnya karena harus nge-download langsung dari repository. Wah, gimana nih? Akhirnya, nyoba download sendiri aja paket OpenOffice dari OpenOffice.org. Nih link downloadnya.

Hasilnya adalah file OOo_3.2.1_Linux_x86_install-rpm-wJRE_en-US.tar.gz. Wah, panjang juga namanya. Lagi pula gimana cara nginstalnya ya? Setelah konsultasi ama mbah Google, aku jadi tau kalo itu file harus di ekstrak dulu. Download pake PCLinuxOS nggak pake ribet, dan itu file langsung masuk ke  folder Downloads. Jadi sekarang aku harus ke folder Downloads nih. Nah, udah ketemu filenya. Klik-kanan aja lalu Extract Here. Maksudnya langsung bongkar (ekstrak) disini. Hasil ekstrak berupa folder bernama OOO320_m12_native_packed-1_en-US.9483. Wah, koq panjang juga? Pesan mbah Google, boleh koq diganti nama dengan yang lebih singkat. Maka aku ganti aja dengan OpenOffice. Lebih enak didengar kan?

Sekarang, ni proses nginstalnya:
  • Buka menu Applications > More Applications > Terminals > Gnome Terminal 




Masuklah sebagai root (super user), ketik su lalu ketik password untuk root.

[user@localhost ~]$ su
Password:
[root@localhost ~]#

Masuk ke ke folder OpenOffice:

[root@localhost ~]# cd /home/wawan/Downloads/OpenOffice

Harap dicatat bahwa wawan diatas adalah nama pengguna yang aku buat saat nginstal PCLinuxOS dan aku pake login. Sesuaikan itu dengan nama pengguna yang anda pake login ya...

Setelah berada didalam folder OpenOffice, masuk ke sub-folder RPMS:

[root@localhost OpenOffice]# cd RPMS

Didalam folder OpenOffice sudah dilengkapi aplikasi Java atau Java Runtime Environtment (JRE). Instalasi dulu JRE ini dengan cara berikut:

[root@localhost RPMS]# rpm -ivh *.rpm

Setelah itu instal file-file OpenOffice dengan cara berikut:

[root@localhost RPMS]# rpm -ivh *.*.rpm

OpenOffice sudah terinstalasi didalam PCLinuxOS 2010, tapi masih belum nongol dalam daftar menu Applications. Anda perlu mengintegrasikannya dengan desktop PCLinuxOS. Dari folder RPMS, coba masuk ke sub-folder desktop-integration:

[root@localhost RPMS]# cd desktop-integration
[root@localhost desktop-integration]# dir

Maka akan ditampilkan daftar seperti berikut:

openoffice.org3.2-freedesktop-menus-3.2-9472.noarch.rpm
openoffice.org3.2-mandriva-menus-3.2-9472.noarch.rpm
openoffice.org3.2-redhat-menus-3.2-9472.noarch.rpm
openoffice.org3.2-suse-menus-3.2-9472.noarch.rpm

Wah, mana nih yang harus dipilih? Karena PCLinuxOS 2010 adalah turunan dari Linux Mandriva, berarti harus pilih yang Mndriva donk. Jalankan saja file ini:

[root@localhost desktop-integration]# rpm -ivh openoffice.org3.2-mandriva-menus-3.2-9472.noarch.rpm

Sudah selesai. Silahkan periksa sub-menu Office didalam menu Applications, adakah anda temukan aplikasi-aplikasi OpenOffice disana?

Selamat mencoba dan ditunggu komentarnya!
Label: Office Application, Software

Terima kasih telah membaca OpenOffice, dimanakah Engkau?. Silahkan share...!

0 Komentar untuk "OpenOffice, dimanakah Engkau?"
Back To Top