Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Translate

Blog Guru: Membangun Blog sebagai Media Pengayaan Sumber Belajar

Apa itu Blog?

Blog merupakan situs kecil di internet berisi jurnal pribadi seseorang yang isinya sering diperbarui. Sekarang ini blog sudah mulai banyak dimanfaatkan orang untuk berbagai macam tujuan, termasuk diantaranya oleh para guru sebagai salah satu media pendukung pembelajaran yang bisa diakses secara online oleh para siswa dan pengunjung lain.

Pertanyaan, Sulitkah Membangun sebuah Blog?

Jawabannya relatif, namun membuat blog sebenarnya bukanlah pekerjaan sulit seperti yang sering dibayangkan orang karena blog mudah dipelajari, bahkan oleh mereka yang masih awam dengan dunia blogging. Tak perlu selesai kuliah dulu untuk bikin blog, cukup investasikan waktu anda secukupnya guna menyusun konten-konten berkualitas bagi blog. Itu saja!

Pertama, Siapkan Nama Blog

Nama penting sebab akan menjadi identitas blog. Nama sebuah blog boleh mencerminkan pribadi pemiliknya, namun boleh juga mencerminkan konten didalamnya. Sebagai contoh https://wawanhartanto.blogspot.com menunjukkan sebuah blog milik seseorang bernama Wawan Hartanto. Nah, terkait dengan pemakaian blog untuk media pembelajaran anda boleh saja memberinya nama yang langsung mengarah ke mata pelajaran. Misalnya dengan nama http://pintarbelajartik.blogspot.com orang akan segera tahu bahwa itu adalah blog yang berisi konten pembelajaran TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi).

Ingat! sedapat mungkin jangan pernah memberi nama blog yang tidak nyambung sama sekali dengan konten didalamnya. Memilih nama yang tepat bagi blog termasuk salah satu bagian dari strategi untuk menjadikan blog anda mudah diingat orang untuk dikunjungi.

Kedua, Pilihlah Template yang Tepat

Template sebuah blog menentukan penampakan secara keseluruhan dari blog itu. Di internet tersedia banyak template yang bisa diunduh secara gratis, namun demikian hendaknya anda harus selektif dalam memilihnya. Perhatikan beberapa hal berikut dalam memilih sebuah template:
  • Pilihlah template dengan komposisi warna-warna pastel yang terlihat lembut di mata. Komposisi warna yang terlalu mencolok bisa menjadikan mata cepat lelah sehingga pengunjung tidak akan betah berlama-lama di blog anda.
    Contoh Warna-Warna Pastel
    Contoh Warna-Warna Pastel (Sumber: Stackoverflow.com)
  • Jika template dilengkapi header berupa image, usahakan image pada header tersebut nyambung dengan topik atau konten blog. Jika kesulitan menemukan template dengan header yang sesuai, bisa jadi anda perlu mendesain sendiri image untuk header tersebut.
Contoh Header Buatan Sendiri (Sumber: amirurahman.blogspot.com)
  • Untuk bagian teks, pilihlah template yang memakai teks warna gelap diatas latarbelakang putih. Antara teks dan latarbelakangnya memiliki kontras warna yang mencukupi sehingga tulisan-tulisan anda mudah dibaca.

Ketiga, Atur Layout Berdasarkan Kepentingan

Template sebuah blog umumnya memiliki layout yang terdiri atas dua kolom atau tiga kolom. Kolom utama paling lebar untuk menayangkan konten blog (tulisan-tulisan anda), sedangkan di sebelah kiri dan/atau kanan terdapat kolom yang lebih kecil untuk menaruh elemen-elemen blog (widget).
  •  
Label: Blogging

Terima kasih telah membaca Blog Guru: Membangun Blog sebagai Media Pengayaan Sumber Belajar. Silahkan share...!

1 Komentar untuk "Blog Guru: Membangun Blog sebagai Media Pengayaan Sumber Belajar"

BSpot Casino Promo Code 2021 - Get Up to $300 Signup Bonus ラッキーニッキー ラッキーニッキー 카지노사이트 카지노사이트 949Wynn Las Vegas vs. The Venetian: 2021 Odds, Best Bets and

Back To Top